Jumat, 11 November 2011

Artikel : Perkembangan Ecommerce di Indonesia

Perkembangan E-commerce di Indonesia
 
          Berkembangnya e-commerce di Indonesia diawali sejak tahun 1996, yang ditandai dengan dirintisnya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi secara online di Indonesia. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Wahana transaksi bisnis berupa mall online yang disebut D-Mall (dapat diakses lewat D-Net) ini telah mempelopori e-commerce di Indonesia. Setelah itu, di awal tahun 2000 berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/yang meyediakan tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja)., dan Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli via internet. Lembaga- lembaga telekomunikasi di Indonesia seperti PT Telkom dan Bank internasional Indonesia beserta tujuh situs perusahaan telekomunikasi yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel telah melakukan kerja sama dalam melakukan pengembangan e commerce di indonesia.
          Berkembangnya situs-situs e-commerce di dunia internasional seperti ebay.com dan amazon.com telah mendorong munculnya situs-situs transaksi jual beli via internet di indonesia semakin berkembang di abad 21 ini. ditandai dengan munculnya kaskus.us, atau situs jejaring sosial seperti facebook dan myspace yang sering dijadikan sebagai sarana bisnis hingga baru-baru ini muncul situs tokobagus.com yang juga melayani jual beli barang via internet. Samapai saat ini, hampir semua situs-situs perusahaan dan UKM di indonesia memberikan layanan belanja melalui internet yang dipandang sebagai sarana promosi yang efektif dan modern dibandingkan dengan promosi melaui brosur atau surat kabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar